Jumat, 17 Januari 2020

Akhlakul Karimah

Saat ini, Etika/akhlak menjadi hal yang concern di setiap lingkungan bahkan sampai pada level organisasi. Etika sebagai salah satu poin penting di dalam nilai-nilai luhur yang dianut organisasi,.

Di dalam Islam seseorang yang memiliki akhlakul karimah menempati derajat yang tinggi, Berdasarkan sabda Rasulullah SAW:

عَنْ عَائِشَةَ رَحِمَهَا اللَّهُ قَالَتْ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ الْمُؤْمِنَ لَيُدْرِكُ بِحُسْنِ خُلُقِهِ دَرَجَةَ الصَّائِمِ الْقَائِمِ
Sesungguhnya seorang mukmin bisa meraih derajat orang yang rajin berpuasa dan shalat dengan sebab akhlaknya yang luhur.” (HR. Ahmad dan Hr. Abu Daud).

Oleh Karena itu untuk memiliki akhlak yg baik perlu belajar dan berdoa, di dalam Hadist Rasulullah SAW bersabda:
إنَّ الله تعالى قَسَمَ بينكم أخلاقكم، كما قسم بينكم أرزاقكم
Sesungguhnya Allah Ta’ala membagi akhlak (yang terpuji) kepada kalian, sebagaimana Allah membagi rezeki kepada kalian” (H.R Bukhari)

Rezeki bisa dicari bagaimana cara mencarinya dan yang memberikan jumlah rizki itu kuasa Allah, begitupun juga dengan akhlak perlu mempelajari terlebih dahulu apa itu akhlak/etika yg baik, namun memiliki akhlak yang baik itu juga pemberian Allah, maka kita berdoa agar memiliki akhlak yang baik.

Karena memiliki akhlak yg baik akan meninggikan derajat kita dan menutupi semua kekurangan Kita, namun sebaliknya, dengan akhlak yang jelek maka akan menghancurkan nilai-nilai dalam diri kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar